Badan Pers Mahasiswa Filsafat (BPMF) Pijar bekerja sama dengan Cantrik Pustaka akan melaksanakan bedah buku Ontoantropologi: Fantasi Realisme Spekulatif Quentin Meillassoux karya Hizkia Yosie Polimpung.

Acara ini akan digelar pada Selasa, 14 Maret 2017 bertempat di Ruang Sidang Persatuan, Lantai 3 Gedung Notonagoro Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam bedah buku ini, Hizkia Yosie Polimpung akan ditemani oleh Sindung Tjahyadi, seorang Dosen Fakultas Filsafat UGM yang fokus dalam bidang metafisika IPTEK, filsafat hukum,dan filsafat ilmu alam. Sedangkan Banin Diar Sukmono, alumni Fakultas Filsafat UGM yang menulis skripsi tentang kritik Quentin Meillasoux atas pemikiran Martin Heidegger, akan memoderatori bedah buku ini.

Hizkia Yosie Polimpung adalah seorang dosen di Paramadina Graduate School of Diplomacy, Universitas Paramadina. Ia juga merupakan salah satu editor Jurnal Indoprogress. Buku Ontoantropologi: Fantasi Realisme Spekulatif Quentin Meillassoux sendiri adalah pengembangan dari disertasi doktoralnya di Departemen Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Buku ini membahas tentang ontoantropologi, suatu pandangan ontologis yang meletakkan manusia sebagai jangkar keberadaan segala sesuatunya. Quentin Meillassoux dalam penyelidikan filosofisnya berhasil menunjukkan bahwa filsafat kontemporer tetap terjebak dalam peneguhan korelat manusia sebagai jangkar keberadaan ontologisnya. Menggunakan psikoanalisis Lacanian, Hizkia Yosie Polimpung mengkritisi realisme spekulatif Quentin Meillasoux yang baginya merupakan fantasi yang meluap dari ketidaksadaran.

Dalam acara ini, BPMF Pijar juga akan menggelar stan buku-buku terbitan Cantrik Pustaka yang dapat dikunjungi oleh para peserta bedah buku. Acara ini tidak dipungut biaya. Info lebih lanjut bisa didapatkan dengan menghubungi 083840952730 (Fala), atau akun LINE resmi BPMF Pijar (@ccn3066e).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here