Sumber gambar: Forum Bias.

rri.co.id – Pendidikan karakter anak menjadi tanggung jawab utama orang tua, sebab saat ini lembaga sekolah masih berorientasi pada kecerdasan dan prestasi siswa dibidang formal.

Hal inilah yang menjadi kajian penting dalam bedah buku berjudul Susah Senang Bersama Si Buah Hati yang digelar Forum Bias.

Penulis buku Ahmad Dardiri Zubairi mengungkapkan, penerapan budi pekerti yang baik harus dimulai dari lingkungan keluarga, sehingga sekolah hanya bertugas mendorong anak menjadi karakter yang lebih baik lagi dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Penulis lokal Sumenep ini menambahkan, kejujuran menjadi hal penting yang harus dicontohkan dalam keluarga sehingga dalam kesehariannya anak akan terbiasa baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Kami menginginkan agar pola asuh anak utamanya orang tua mengarah pada pendidikan karakter yang bukan hanya lebih banyak bicara tetapi lebih pada mencontohkan karena tauladan pertama anak adalah orang tuanya,” ujar Dardiri Senin (06/06/2016).

Sementara itu, Ketua Forum Bias Sumenep, Syaf Anton mengatakan, meski bukan tergolong sastra, namun buku ini memberikan keilmuan kepada masyarakat tentang pola pengasuhan anak yang benar sehingga tidak terjebak pada perbuatan negatif.

“Kami memang selalu melakukan bedah buku sastra, namun melihat pola asuh anak yang sudah cenderung berubah maka kami berinisiatif untuk menggelar bedah buku ini untuk memberikan pengetahuan cara mengasuh anak khususnya bagi ibu-ibu muda,”  ungkap Anton.

Menurut Budayawan Madura ini, bedah buku yang digelar Forum Bias di Perpusataakan Daerah. Perpusda Sumenep akan mengangkat karya penulis lokal Madura agar kedepan mampu menghasilkan penulis lokal yang bisa meningkatkan minat baca maupun ilmu pengetahuan generasi muda dan masyarakat. (Rukayah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here